RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMA NEGERI MEDAN
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Semester : XII / Genap
Materi
Pokok : Karakteristik
Perusahaan Jasa
Alokasi Waktu : 4 @ 45 Menit
A.
Kompetensi Inti
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku, dan pro-aktif
dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang IPTEK,
seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkrit
dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
No
|
Kompetensi Dasar
|
1
|
1.1 Mensyukuri hakikat akuntansi sebagai sistem informasi
keuangan
|
2
|
2.1 Bersikap jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli, responsif dan proaktif
dalam melakukan tahapan akuntansi perusahaan jasa dan perusahaan dagang
|
3
|
3.3 Menganalisis
siklus akuntansi perusahaan jasa
Indikator
:
3.3.1
Menjelaskan
pengertian perusahaan jasa
3.3.2
Mendeskripsikan
ciri-ciri perusahaan jasa
3.3.3
Menganalisis
jenis-jenis bukti transaksi keuangan perusahaan jasa
3.3.4
Menjelaskan
manfaat bukti transaksi keuangan
3.3.5
Menguraikan
mekanisme debit dan kredit
|
4
|
4.3 Mempraktikkan siklus akuntansi perusahaan jasa
Indikator :
4.3.1 Menganalisis pengaruh transaksi keuangan
terhadap perubahan mekanisme debit dan kredit.
|
C.
Tujuan Pembelajaran
Pertemuan 1 dan 2 (4
@ 45 menit)
(1)
Dengan
mengkaji referensi dan tanya jawab peserta didik dapat menjelaskan pengertian
perusahaan jasa dengan santun.
(2)
Melalui
diskusi kelompok peserta didik dapat mendeskripsikan ciri-ciri perusahaan jasa
dengan penuh tanggung jawab.
(3)
Melalui
diskusi kelompok peserta didik dapat menganalisis jenis-jenis bukti transaksi
keuangan perusahaan jasa dengan kritis.
(4)
Melalui
diskusi kelompok peserta didik dapat menjelaskan manfaat bukti transaksi
keuangan dengan penuh tanggung jawab.
(5)
Melalui
diskusi kelompok peserta didik dapat menguraikan mekanisme debit dan kredit dengan
kreatif .
(6)
Melalui
diskusi kelompok peserta didik dapat menganalisis pengaruh transaksi keuangan
terhadap perubahan mekanisme debit dan kredit dengan jujur.
D.
Materi Pembelajaran
Pertemuan I
a. Pengertian perusahaan jasa
b. Ciri-ciri perusahaan jasa
c. Jenis-jenis bukti transaksi keuangan perusahaan
jasa
d. Manfaat bukti transaksi keuangan
Pertemuan
II
a. Mekanisme debit dan kredit
b.
Analisis pengaruh transaksi keuangan terhadap perubahan mekanisme debit dan kredit
E.
Pendekatan, Metode dan Model Pembelajaran
Pertemuan I
1. Pendekatan :
Scientifik
2. Metode :
Ceramah, Tanya jawab, Diskusi, Presentase dan Penugasan
3. Model :
Kooperative Example Non Example
Pertemuan II
1. Pendekatan :
Scientifik
2. Metode :
Ceramah, Tanya jawab, Diskusi, Presentase dan Penugasan
3. Model :
Kooperatif tipe STAD
F.
Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
1. Media :
Power point, video pembelajaran
2. Alat :
Laptop dan infocus
3. Sumber :
- Iswanto. 2006. Buku Paket Ekonomi Jilid
2 Untuk SMA dan MA
Kelas XI. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Nasional
dari
Penerbit CV. Gema Ilmu.
- Internet
G.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.
Pertemuan I
Kegiatan
|
Langkah-Langkah
Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Guru memberi salam dan
mempersilahkan salah seorang peserta didik memimpin untuk doa bersama
·
Mengecek
kehadiran peserta didik
·
Apersepsi
·
Menyampaikan
garis besar cakupan materi dan tujuan pembelajaran serta penjelasan tentang
kegiatan yang akan dilakukan peserta didik untuk menyelesaikan permasalahan
atau tugas
|
10 menit
|
Inti
|
Guru membagi
siswa ke dalam 5 kelompok yang heterogen. Kemudian siswa duduk sesuai
kelompoknya masing-masing
Mengamati
·
Guru menyampaikan informasi tentang kegiatan yang akan dilakukan siswa
·
Siswa
mengamati gambar-gambar tentang contoh perusahaan yang bergerak di bidang
jasa dan gambar-gambar tentang bukti transaksi yang ditayangkan melalui
infocus
Menanya
·
Setiap kelompok ditugaskan
untuk mendiskusikan tentang pengertian perusahaan jasa, ciri-ciri perusahaan
jasa, jenis-jenis bukti transaksi dan manfaat bukti transaksi keuangan
·
Setiap anggota dalam kelompok
saling berdiskusi, bertanya, dan tentang materi yang diberikan dan nantinya dapat menjelaskan satu sama lain
Mengumpulkan
informasi dan Mengasosiasikan
·
Guru memberi petunjuk dan memberi kesempatan pada peserta didik untuk
memperhatikan/menganalisis gambar bukti transaksi tersebut
·
Melalui
diskusi kelompok, peserta didik mencari informasi tentang tentang pengertian
perusahaan jasa, ciri-ciri perusahaan jasa, jenis-jenis bukti transaksi dan
manfaat bukti transaksi dari berbagai buku, atau dari teman yang lain
·
Setelah
data/informasi terkumpul, maka peserta didik merumuskan simpulan dari hasil
tukar pendapat tentang tentang pengertian perusahaan jasa, ciri-ciri
perusahaan jasa, jenis-jenis bukti transaksi dan manfaat bukti transaksi
Mengkomunikasikan
·
Tiap kelompok diberi kesempatan membacakan hasil diskusinya
·
Mulai dari komentar/hasil diskusi peserta didik, guru mulai
menjelaskan materi sesuai tujuan yang ingin dicapai
|
50 Menit
|
Penutup
|
·
Siswa bersama
dengan guru membuat kesimpulan hasil pembelajaran.
·
Guru
memberikan soal kuis dari materi yang telah dipelajari.
·
Menyampaikan
materi pembelajaran yang akan datang
Doa dan salam penutup.
|
30 Menit
|
Pertemuan II
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Guru memberi salam dan
mempersilahkan salah seorang peserta didik memimpin untuk doa bersama
·
Mengecek
kehadiran peserta didik
·
Apersepsi
·
Menyampaikan
garis besar cakupan materi dan tujuan pembelajaran serta penjelasan tentang kegiatan
yang akan dilakukan peserta didik untuk menyelesaikan permasalahan atau
tugas.
|
10 menit
|
Inti
|
Guru
membagi siswa ke dalam 5 kelompok yang heterogen. Kemudian siswa duduk sesuai
kelompoknya masing-masing
Mengamati
·
Siswa
mengamati video tentang memahami mekanisme debit dan kredit
·
Guru
menjelaskan materi secara singkat, tentang mekanisme debit kredit, kode akun
rekening, dan analisis pengaruh transaksi keuangan terhadap perubahan
mekanisme debit dan kredit
·
Guru memberikan tugas tentang analisis pengaruh
transaksi keuangan terhadap perubahan
mekanisme debit dan kredit
Menanya
·
Setiap anggota dalam kelompok saling bertanya, tentang tugas yang
diberikan guru dan nantinya harus saling menjelaskan satu sama lain.
Mengumpulkan
informasi dan Mengasosiasikan
·
Melalui
diskusi kelompok, setiap siswa mencari informasi tentang tugas yang harus
diselesaikan dari berbagai buku, atau dari teman yang lain. .
·
Setelah
data/informasi terkumpul, maka siswa saling tukar pendapat di dalam kelompok,
kemudian merumuskan simpulan dari hasil tukar pendapat tentang analisis
pengaruh transaksi keuangan terhadap perubahan mekanisme debit dan kredit.
Mengkomunikasikan
·
Guru
menunjuk satu kelompok untuk memaparkan hasil diskusinya mengenai tugas yang
telah didiskusikan
·
Guru bersama-sama dengan siswa memberi komentar dan memperbaiki
kesalahan yang ada
·
Guru memberi soal kepada seluruh peserta didik
tentang materi yang telah dibahas dan pada saat menjawab soal siswa tidak boleh saling membantu
|
70
menit
|
Penutup
|
·
Siswa
bersama dengan guru membuat kesimpulan hasil pembelajaran.
·
Menyampaikan
materi pembelajaran yang akan datang
·
Doa dan
salam penutup.
|
10 Menit
|
H.
Instrumen Penilaian Hasil Belajar
Lembar
pengamatan Sikap Spritual dan sikap sosial
Mata Pelajaran : Ekonomi Hari/tanggal :
KD : Menganalisis Siklus Akuntansi
Perusahaan
Jasa Pengamat :
Materi : Karakteristik Perusahaan Jasa, Bukti Transaksi,
Mekanisme Debit dan Kredit
NO
|
NAMA SISWA
|
SIKAP
SPIRITUAL
|
SIKAP
SOSIAL
|
JML
|
NILAI
|
PREDIKAT
|
||||||||||||
JUJUR
|
DISIPLIN
|
TANGGUNG
JAWAB
|
SOPAN
SANTUN
|
|||||||||||||||
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
F
|
G
|
H
|
I
|
J
|
K
|
L
|
M
|
||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
KETERANGAN :
A: Berdoa sebelum dan sesudah melakukan
sesuatu
B: Mengucapkan rasa syukur atas karunia
Tuhan
C: Memberi salam sebelum dan sesudah
menyampaikan pendapat/ presentasi
D: Mengungkapkan perasaan terhadap sesuatu apa adanya
E: Tidak melakukan plagiat
(mengambil/menyalin) tugas kelompok lain
F: Mengakui kesalahan atau kekurangan yang
dimiliki
G: Masuk kelas tepat waktu
H: Mengumpulkan tugas tepat waktu
I: Memakai seragam sesuai tata tertib
J: Membawa buku
tulis dan buku teks sesuai mata pelajaran
K: Melaksanakan
tugas dengan baik
L: Menggunakan
bahasa santun saat menyampaikan pendapat dan mengkritik pendapat teman
M: Menghormati orang yang lebih tua
Petunjuk Penskoran
skor 1- 4 :
4 : selalu
3 : sering (lebih sering melakukan
daripada tidak melakukan)
2 : kadang- kadang (lebih sering tidak
melakukan daripada melakukan)
1 : tidak pernah
Perhitungan Nilai menggunakan rumus :
Predikat :
A : Apabila
memperoleh nilai : 3,33< nilai
B : Apabila
memperoleh nilai :2,33
C : Apabila
memperoleh nilai :1,33
D : Apabila
memperoleh
|
2.
Penilaian Pengetahuan
a. Jenis Penilaian : Tes tertulis dan Tes lisan
b. Bentuk Penilaian : Uraian terbatas
c. Instrumen Penilaian :
Pertemuan I
Soal essay !
1. Jelaskan pengertian perusahaan jasa !
2. Tuliskan ciri-ciri perusahaan jasa !
3. Jika dilihat dari asalnya, bukti transaksi
dibedakan menjadi 2 bagian, tulisakan dan jelaskan !
4. Tuliskan macam - macam bukti transaksi !
5. Tuliskan 3 manfaat bukti transaksi !
6. Buatlah kliping tentang bukti transaksi beserta
penjelasan dari masing-masing bukti transaksi !
Kunci Jawaban
1. Perusahaan
jasa adalah perusahaan yang kegiatannya menjual atau memberi jasa kepada pihak
lain atau masyarakat.
2. 4 ciri-ciri
perusahaan jasa adalah :
-
Kegiatannya memberikan pelayanan jasa kepada
masyarakat
-
Pendapatannya berasal dari penjualan jasa kepada
masyarakat
-
Tidak terdapat perhitungan harga pokok penjualan
-
Laba atau rugi diperoleh dengan membandingkan
besarnya jumlah pendapatan dengan besarnya jumlah beban, baik beban usaha
maupun beban di luar usaha.
3.
Bukti intern adalah bukti pencatatan yang dibuat
perusahaan untuk kepentingan perusahaan sendiri dan tidak berhubungan dengan
pihak luar perusahaan.
Bukti
ekstern adalah bukti pencatatan yang terjadi antara perusahaan dengan pihak
luar perusahaan.
4.
Kwitansi, faktur, nota debet, nota kredit, nota
kontan, cek, bukti memorial, bilyet giro, bukti kas masuk, bukti kas keluar,
bukti setoran bank.
5.
3 manfaat bukti transaksi yaitu:
-
Sebagai dasar pencatatan akuntansi
-
Menghindari
terjadinya duplikasi dalam pengumpulan data
-
Mengetahui
pihak yang bertanggung jawab atas terjadinya transaksi
6. Laporan
dalam bentuk kliping.
Rubrik Penilaian
Nomor
soal
|
Uraian
|
skor
|
1
|
Menuliskan pengertian perusahaan jasa dengan lengkap dan benar
|
20
|
Kurang lengkap menuliskan pengertian perusahaan jasa dengan
lengkap dan benar
|
10
|
|
Tidak menuliskan pengertian
perusahaan jasa
|
0
|
|
2
|
Menuliskan 4 ciri – ciri perusahaan jasa dengan lengkap dan benar
|
20
|
Menuliskan 3 ciri – ciri perusahaan jasa dengan benar
|
15
|
|
Menuliskan 2 ciri – ciri perusahaan jasa dengan benar
|
10
|
|
Menuliskan 1 ciri – ciri perusahaan jasa dengan benar
|
5
|
|
Tidak
menuliskan ciri – ciri perusahaan jasa
|
0
|
|
3
|
Menuliskan dan menjelaskan 2 jenis bukti transaksi dengan lengkap dan benar
|
20
|
Menuliskan 2 bukti transaksi dengan benar dan menjelaskan 1 jenis bukti
transaksi dengan benar
|
15
|
|
Menuliskan dan menjelaskan 1 jenis bukti transaksi dengan benar dan
lengkap
|
10
|
|
Menuliskan 2 bukti transaksi dengan benar
|
5
|
|
Menuliskan 1 bukti transaksi dengan benar
|
2,5
|
|
Tidak menuliskan
dan menjelaskan 2 jenis bukti
transaksi dengan lengkap dan benar
|
0
|
|
4
|
Menuliskan 11 macam bukti transaksi
|
20
|
Menuliskan 6 macam bukti transaksi
|
15
|
|
Menuliskan 3 macam bukti transaksi
|
10
|
|
Tidak
menuliskan peran koperasi dengan benar
|
0
|
|
5
|
Menuliskan 3
manfaat bukti transaksi dengan lengkap dan benar
|
20
|
Menuliskan 2 manfaat
bukti transaksi dengan lengkap dan benar
|
10
|
|
Menuliskan 1 manfaat bukti transaksi dengan
lengkap dan benar
|
5
|
|
Tidak menuliskan manfaat bukti transaksi dengan
lengkap dan benar
|
0
|
|
6
|
Mencantumkan dan menjelaskan 11 bukti
transaksi dalam kliping dengan
benar, lengkap, rapi dan menarik
|
40
|
Mencantumkan dan menjelaskan 8 bukti
transaksi dalam kliping dengan
benar, lengkap, rapi dan menarik
|
20
|
|
Mencantumkan dan menjelaskan 5 bukti
transaksi dalam kliping dengan
benar, lengkap, rapi dan menarik
|
10
|
|
Tidak membuat kliping
|
0
|
Nilai
akhir =
Pertemuan II
Instrument Evaluasi (Tes Lisan)
1. Sebutkan kembali aturan mekanisme debit dan kredit
secara lisan!
Kunci Jawaban
Akun/Rekening/Perkiraan
|
Bertambah dicatat
|
Berkurang dicatat
|
Saldo Normal
|
Aktiva/Harta (Assets)
|
D
|
K
|
D
|
Utang/ Kewajiban (Liabilities)
|
K
|
D
|
K
|
Modal/ Ekuitas (Capital)
|
K
|
D
|
K
|
Pendapatan (Revenue)
|
K
|
D
|
K
|
Beban
|
D
|
K
|
D
|
Rubrik Penilaian
Uraian
|
Skor
|
Menyebutkan semua
akun serta posisi pencatatannya di buku besar dengan tepat
|
10
|
Menyebutkan 3-4 akun
saja serta posisi pencatatannya di buku besar dengan tepat
|
8
|
Menyebutkan 1-2 akun
saja serta posisi pencatatannya di buku besar dengan tepat
|
5
|
Menyebutkan 5 akun
tetapi posisi pencatatan kurang tepat
|
3
|
Menyebutkan semua
akun serta posisi pencatatannya namun salah
|
1
|
Sama sekali tidak
menyebutkan akun serta posisi pencatatannya
|
0
|
3. Penilaian
Keterampilan
3.1. Penilaian keterampilan( Diskusi)
LEMBAR PENGAMATAN KETERAMPILAN (DISKUSI)
Mata Pelajaran : Ekonomi Hari/tanggal :
KD : Menganalisis Siklus Akuntansi
Perusahaan Jasa
Pengamat :
Materi : Karakteristik Perusahaan Jasa, Bukti Transaksi, Mekanisme Debit dan Kredit
NO
|
NAMA
|
SIKAP
|
JUMLAH
|
NILAI
|
PREDIKAT
|
||||
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
ASPEK
YANG DINILAI :
A.
Kemampuan bekerjasama dalam
kelompok
B.
Kemampuan berkomunikasi secara lisan (menyampaikan
ide/gagasan/komentar)
C.
Kemampuan mengajukan pertanyaan
D.
Kemampuan menjawab pertanyaan (memberikan penjelasan)
E.
Kemampuan
menghargai ide, saran, dan pendapat teman
F.
RUBRIK PENILAIAN :
No
|
Aspek
yang dinilai
|
Kriteria
|
Skor
|
1
|
Kemampuan
bekerjasama dalam kelompok
|
o Mampu bekerjasama dengan semua anggota kelompok
o Mampu bekerjasama dengan beberapa anggota kelompok
o Hanya mampu bekerjasama dengan salah
satu anggota kelompok
o Hanya mampu bekerja secara individu
o Bekerja secara individu dan menganggu
anggota kelompok lain
|
5
4
3
2
1
|
2
|
Kemampuan berkomunikasi secara lisan
|
o Mampu berkomunikasi dengan benar dan
jelas
o Mampu berkomunikasi dengan benar tetapi
kurang jelas
o Mampu berkomunikasi dengan jelas tetapi
kurang benar
o Kurang mampu berkomunikasi dengan benar
dan jelas
o Tidak mampu berkomunikasi dengan benar
dan jelas
|
5
4
3
2
1
|
3
|
Kemampuan
mengajukan pertanyaan
|
o Mampu menyampaikan pertanyaan dengan
benar dan jelas
o Mampu menyampaikan pertanyaan dengan
benar tetapi kurang jelas
o Mampu menyampaikan pertanyaan dengan
jelas tetapi kurang benar
o Kurang mampu menyampaikan
pertanyaan dengan benar dan jelas
o Tidak mampu menyampaikan pertanyaan
dengan benar dan jelas
|
5
4
3
2
1
|
4
|
Kemampuan
menjawab pertanyaan
|
o Mampu menjawab pertanyaan dengan benar
dan jelas
o Mampu menjawab pertanyaan dengan benar
tetapi kurang jelas
o Mampu menjawab pertanyaan dengan jelas
tetapi kurang benar
o Kurang mampu menjawab pertanyaan dengan benar dan jelas
o Tidak mampu menjawab pertanyaan dengan
benar dan jelas
|
5
4
3
2
1
|
5
|
Kemauan
menghargai pendapat teman
|
o Mampu menghargai dan mendengarkan
pendapat orang lain.
o Mampu menerima masukan orang lain tetapi
kurang mampu menunjukkan sikap menghargai saat siswa lain menyampaikan
pendapat
o Mampu mendengarkan pendapat orang lain,
tetapi agak sulit menerima masukan orang lain
o Kurang mampu menghargai dan mendengarkan
pendapat orang lain.
o Tidak Mampu menghargai dan mendengarkan
pendapat orang lain.
|
5
4
3
2
1
|
SKOR MAKSIMAL :
5 x 5 = 25
Nilai Akhir
=
x 4
Penilaian
keterampilan ( Laporan)
LEMBAR PENGAMATAN KETERAMPILAN (LAPORAN)
Mata Pelajaran : Ekonomi Hari/tanggal :
KD : Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa Pengamat :
Materi : Karakteristik Perusahaan Jasa, Bukti Transaksi, Mekanisme Debit dan Kredit
NO
|
NAMA
|
SIKAP
|
JUMLAH
|
NILAI
|
PREDIKAT
|
||
A
|
B
|
C
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
ASPEK
YANG DINILAI :
1. Kelengkapan isi tugas ( laporan)
2. tampilan laporan
3. kemampuan mempresentasikan laporan
Rubrik Penilaian:
No.
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
||
1
|
2
|
3
|
||
1
|
Kelengkapan isi tugas (laporan)
|
Lengkap 50 %
|
Lengkap lebih 50%
|
Lengkap 100%
|
2
|
Tampilan Laporan
|
Kurang rapi
|
Rapi
|
Sangat Rapi
|
3
|
Kemampuan mempresentasikan
|
Kurang baik
|
Baik
|
Sangat Baik
|
Skor maksimum
|
9
|
Mengetahui, Medan, Maret 2015
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar