Rabu, 01 April 2015

RPP KARAKTERISTIK PERUSAHAAN JASA KURIKULUM 2013



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah                                : SMA NEGERI MEDAN
Mata Pelajaran                     : Ekonomi
Kelas/Semester                     : XII / Genap
Materi Pokok                       : Karakteristik Perusahaan Jasa
Alokasi Waktu                     : 4 @ 45 Menit

A.      Kompetensi Inti
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku, dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang IPTEK, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkrit dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator
No
Kompetensi Dasar
1
1.1 Mensyukuri hakikat akuntansi sebagai sistem informasi keuangan
2
2.1   Bersikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, responsif dan proaktif dalam melakukan tahapan akuntansi perusahaan jasa dan perusahaan dagang
3
3.3  Menganalisis siklus akuntansi perusahaan jasa
Indikator :
3.3.1        Menjelaskan pengertian perusahaan jasa
3.3.2        Mendeskripsikan ciri-ciri perusahaan jasa
3.3.3        Menganalisis jenis-jenis bukti transaksi keuangan perusahaan jasa
3.3.4        Menjelaskan manfaat bukti transaksi keuangan
3.3.5        Menguraikan mekanisme debit dan kredit
4
4.3      Mempraktikkan siklus akuntansi perusahaan jasa
Indikator :
4.3.1  Menganalisis pengaruh transaksi keuangan terhadap perubahan mekanisme debit dan kredit.


C.      Tujuan Pembelajaran
Pertemuan 1 dan 2 (4 @ 45 menit)
(1)  Dengan mengkaji referensi dan tanya jawab peserta didik dapat menjelaskan pengertian perusahaan jasa dengan santun.
(2)  Melalui diskusi kelompok peserta didik dapat mendeskripsikan ciri-ciri perusahaan jasa dengan penuh tanggung jawab.
(3)  Melalui diskusi kelompok peserta didik dapat menganalisis jenis-jenis bukti transaksi keuangan perusahaan jasa dengan kritis.
(4)  Melalui diskusi kelompok peserta didik dapat menjelaskan manfaat bukti transaksi keuangan dengan penuh tanggung jawab.
(5)  Melalui diskusi kelompok peserta didik dapat menguraikan mekanisme debit dan kredit dengan kreatif .
(6)  Melalui diskusi kelompok peserta didik dapat menganalisis pengaruh transaksi keuangan terhadap perubahan mekanisme debit dan kredit dengan jujur.

D.      Materi Pembelajaran
Pertemuan I
a.       Pengertian perusahaan jasa
b.      Ciri-ciri perusahaan jasa
c.       Jenis-jenis bukti transaksi keuangan perusahaan jasa
d.      Manfaat bukti transaksi keuangan
Pertemuan II
a.       Mekanisme debit dan kredit
b.      Analisis pengaruh transaksi keuangan terhadap perubahan  mekanisme debit dan kredit

E.       Pendekatan, Metode dan Model Pembelajaran
Pertemuan I
1.      Pendekatan                : Scientifik
2.      Metode                       : Ceramah, Tanya jawab, Diskusi, Presentase dan Penugasan
3.      Model                         : Kooperative Example Non Example
Pertemuan II
1.      Pendekatan                : Scientifik
2.      Metode                       : Ceramah, Tanya jawab, Diskusi, Presentase dan Penugasan
3.      Model                         : Kooperatif tipe STAD

F.       Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
1.      Media             : Power point, video pembelajaran
2.      Alat                : Laptop dan infocus
3.      Sumber           : - Iswanto. 2006. Buku Paket Ekonomi Jilid 2 Untuk SMA dan MA
                           Kelas XI. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Nasional dari     
                            Penerbit CV. Gema Ilmu.
-     Internet                          
     
G.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.      Pertemuan I  
Kegiatan
Langkah-Langkah Pembelajaran
Alokasi Waktu
Pendahuluan
·         Guru memberi salam dan mempersilahkan salah seorang peserta didik memimpin untuk doa bersama
·         Mengecek kehadiran peserta didik
·         Apersepsi
·         Menyampaikan garis besar cakupan materi dan tujuan pembelajaran serta penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan peserta didik untuk menyelesaikan permasalahan atau tugas



10 menit
Inti

































Guru membagi siswa ke dalam 5 kelompok yang heterogen. Kemudian siswa duduk sesuai kelompoknya masing-masing




Mengamati
·         Guru menyampaikan informasi tentang kegiatan yang akan dilakukan siswa
·         Siswa mengamati gambar-gambar tentang contoh perusahaan yang bergerak di bidang jasa dan gambar-gambar tentang bukti transaksi yang ditayangkan melalui infocus
Menanya
·         Setiap kelompok ditugaskan untuk mendiskusikan tentang pengertian perusahaan jasa, ciri-ciri perusahaan jasa, jenis-jenis bukti transaksi dan manfaat bukti transaksi keuangan
·         Setiap anggota dalam kelompok saling berdiskusi, bertanya, dan tentang materi yang diberikan dan  nantinya dapat menjelaskan satu sama lain

Mengumpulkan informasi dan Mengasosiasikan
·         Guru memberi petunjuk dan memberi kesempatan pada peserta didik untuk memperhatikan/menganalisis gambar bukti transaksi  tersebut
·         Melalui diskusi kelompok, peserta didik mencari informasi tentang tentang pengertian perusahaan jasa, ciri-ciri perusahaan jasa, jenis-jenis bukti transaksi dan manfaat bukti transaksi dari berbagai buku, atau dari teman yang lain
·         Setelah data/informasi terkumpul, maka peserta didik merumuskan simpulan dari hasil tukar pendapat tentang tentang pengertian perusahaan jasa, ciri-ciri perusahaan jasa, jenis-jenis bukti transaksi dan manfaat bukti transaksi

Mengkomunikasikan
·         Tiap kelompok diberi kesempatan membacakan hasil diskusinya
·         Mulai dari komentar/hasil diskusi peserta didik, guru mulai menjelaskan materi sesuai tujuan yang ingin dicapai


50 Menit

































Penutup

·         Siswa bersama dengan guru membuat kesimpulan hasil pembelajaran.
·         Guru memberikan soal kuis dari materi yang telah dipelajari.
·         Menyampaikan materi pembelajaran yang akan datang
Doa dan salam penutup.
30 Menit





Pertemuan II

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
·         Guru memberi salam dan mempersilahkan salah seorang peserta didik memimpin untuk doa bersama
·         Mengecek kehadiran peserta didik
·         Apersepsi
·         Menyampaikan garis besar cakupan materi dan tujuan pembelajaran serta penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan peserta didik untuk menyelesaikan permasalahan atau tugas.



10 menit
Inti
Guru membagi siswa ke dalam 5 kelompok yang heterogen. Kemudian siswa duduk sesuai kelompoknya masing-masing

Mengamati
·            Siswa mengamati video tentang memahami mekanisme debit dan kredit
·            Guru menjelaskan materi secara singkat, tentang mekanisme debit kredit, kode akun rekening, dan analisis pengaruh transaksi keuangan terhadap perubahan mekanisme debit dan kredit
·            Guru  memberikan tugas tentang analisis pengaruh transaksi keuangan terhadap perubahan  mekanisme debit dan kredit

Menanya 
·         Setiap anggota dalam  kelompok saling bertanya, tentang tugas yang diberikan guru dan  nantinya  harus saling menjelaskan satu sama lain.

Mengumpulkan informasi dan Mengasosiasikan
·            Melalui diskusi kelompok, setiap siswa mencari informasi tentang tugas yang harus diselesaikan dari berbagai buku, atau dari teman yang lain. .
·            Setelah data/informasi terkumpul, maka siswa saling tukar pendapat di dalam kelompok, kemudian merumuskan simpulan dari hasil tukar pendapat tentang analisis pengaruh transaksi keuangan terhadap perubahan  mekanisme debit dan kredit.

Mengkomunikasikan
·         Guru menunjuk satu kelompok untuk memaparkan hasil diskusinya mengenai tugas yang telah didiskusikan
·         Guru bersama-sama dengan siswa memberi komentar dan memperbaiki kesalahan yang ada
·         Guru memberi soal kepada seluruh peserta didik tentang materi yang telah dibahas dan pada saat menjawab soal siswa tidak boleh saling membantu

 70 menit
Penutup
·         Siswa bersama dengan guru membuat kesimpulan hasil pembelajaran.
·         Menyampaikan materi pembelajaran yang akan datang
·         Doa dan salam penutup.

10    Menit
H.    Instrumen Penilaian Hasil Belajar
Lembar pengamatan Sikap Spritual dan sikap sosial
Mata Pelajaran : Ekonomi                                                              Hari/tanggal          :
KD                              : Menganalisis Siklus Akuntansi
  Perusahaan Jasa                                                   Pengamat              :
Materi                          : Karakteristik Perusahaan Jasa, Bukti Transaksi, Mekanisme Debit dan Kredit

NO
NAMA   SISWA
SIKAP SPIRITUAL
SIKAP SOSIAL
JML
NILAI
PREDIKAT
JUJUR
DISIPLIN
TANGGUNG JAWAB
SOPAN SANTUN
A
B
C
D
E
F
G
H
I
J
K
L
M































































































































 KETERANGAN :
A: Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
B: Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan
C: Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/ presentasi
D: Mengungkapkan    perasaan terhadap sesuatu apa adanya
E: Tidak melakukan plagiat (mengambil/menyalin) tugas kelompok lain
F: Mengakui kesalahan atau kekurangan yang dimiliki
G: Masuk kelas tepat waktu
H: Mengumpulkan tugas tepat waktu
I: Memakai seragam sesuai tata tertib
J: Membawa buku tulis dan buku teks sesuai mata pelajaran
K: Melaksanakan tugas dengan baik
L: Menggunakan bahasa santun saat menyampaikan pendapat dan mengkritik pendapat teman
M: Menghormati orang yang lebih tua

Petunjuk Penskoran  skor 1- 4 :
4          : selalu
3          : sering (lebih sering melakukan daripada tidak melakukan)
2          : kadang- kadang (lebih sering tidak melakukan daripada melakukan)
1          : tidak pernah

Perhitungan Nilai menggunakan rumus :
Predikat :
A : Apabila memperoleh  nilai  : 3,33<  nilai  4,00
B : Apabila memperoleh nilai :2,33
C : Apabila memperoleh nilai :1,33
D : Apabila memperoleh



 





2.      Penilaian Pengetahuan
a.       Jenis Penilaian         : Tes tertulis dan Tes lisan
b.      Bentuk Penilaian      : Uraian terbatas
c.       Instrumen Penilaian :
Pertemuan I
Soal essay !
1.      Jelaskan pengertian perusahaan jasa !
2.      Tuliskan ciri-ciri perusahaan jasa !
3.      Jika dilihat dari asalnya, bukti transaksi dibedakan menjadi 2 bagian, tulisakan dan jelaskan !
4.      Tuliskan macam - macam bukti transaksi !
5.      Tuliskan 3 manfaat bukti transaksi !
6.      Buatlah kliping tentang bukti transaksi beserta penjelasan dari masing-masing bukti transaksi !

Kunci Jawaban
1.      Perusahaan jasa adalah perusahaan yang kegiatannya menjual atau memberi jasa kepada pihak lain atau masyarakat.
2.      4 ciri-ciri perusahaan jasa adalah :
-            Kegiatannya memberikan pelayanan jasa kepada masyarakat
-            Pendapatannya berasal dari penjualan jasa kepada masyarakat
-            Tidak terdapat perhitungan harga pokok penjualan
-            Laba atau rugi diperoleh dengan membandingkan besarnya jumlah pendapatan dengan besarnya jumlah beban, baik beban usaha maupun beban di luar usaha.
3.      Bukti intern adalah bukti pencatatan yang dibuat perusahaan untuk kepentingan perusahaan sendiri dan tidak berhubungan dengan pihak luar perusahaan.
Bukti ekstern adalah bukti pencatatan yang terjadi antara perusahaan dengan pihak luar perusahaan.
4.      Kwitansi, faktur, nota debet, nota kredit, nota kontan, cek, bukti memorial, bilyet giro, bukti kas masuk, bukti kas keluar, bukti setoran bank.
5.      3 manfaat bukti transaksi yaitu:
-            Sebagai dasar pencatatan akuntansi
-            Menghindari terjadinya duplikasi dalam pengumpulan data
-            Mengetahui pihak yang bertanggung jawab atas terjadinya transaksi
6.      Laporan dalam bentuk kliping.

Rubrik Penilaian
Nomor soal
Uraian
skor
1
Menuliskan pengertian perusahaan jasa dengan lengkap dan benar
20
Kurang lengkap menuliskan pengertian perusahaan jasa dengan lengkap dan benar
10
Tidak  menuliskan pengertian perusahaan jasa
0
2
Menuliskan 4 ciri – ciri perusahaan jasa dengan lengkap dan benar
20
Menuliskan 3 ciri – ciri perusahaan jasa dengan benar
15
Menuliskan 2 ciri – ciri perusahaan jasa dengan  benar
10
Menuliskan 1 ciri – ciri perusahaan jasa dengan  benar 
5
Tidak menuliskan  ciri – ciri perusahaan jasa
0
3
Menuliskan dan menjelaskan 2 jenis bukti transaksi dengan lengkap dan benar
20
Menuliskan 2 bukti transaksi dengan benar dan menjelaskan 1 jenis bukti transaksi dengan benar
15
Menuliskan dan menjelaskan 1 jenis bukti transaksi dengan benar dan lengkap
10
Menuliskan 2 bukti transaksi dengan benar
5
Menuliskan 1 bukti transaksi dengan benar
2,5
Tidak menuliskan dan menjelaskan 2 jenis bukti transaksi dengan lengkap dan benar
0
 4
Menuliskan 11 macam bukti transaksi
20
Menuliskan 6 macam bukti transaksi
15
Menuliskan 3 macam bukti transaksi
10
Tidak menuliskan  peran koperasi dengan benar
0
5
Menuliskan 3 manfaat bukti transaksi dengan lengkap dan benar
20
Menuliskan 2 manfaat bukti transaksi dengan lengkap dan benar
10
Menuliskan 1 manfaat bukti transaksi dengan lengkap dan benar
5
Tidak menuliskan manfaat bukti transaksi dengan lengkap dan benar
0
6
Mencantumkan dan menjelaskan 11 bukti transaksi dalam kliping dengan benar, lengkap, rapi dan menarik
40
Mencantumkan dan menjelaskan 8 bukti transaksi dalam kliping dengan benar, lengkap, rapi dan menarik
20
Mencantumkan dan menjelaskan 5 bukti transaksi dalam kliping dengan benar, lengkap, rapi dan menarik
10
Tidak membuat kliping
0

Nilai akhir =

Pertemuan II
Instrument Evaluasi (Tes Lisan)
1.      Sebutkan kembali aturan mekanisme debit dan kredit secara lisan!

Kunci Jawaban
Akun/Rekening/Perkiraan
Bertambah dicatat
Berkurang dicatat
Saldo Normal
Aktiva/Harta (Assets)
D
K
D
Utang/ Kewajiban (Liabilities)
K
D
K
Modal/ Ekuitas (Capital)
K
D
K
Pendapatan (Revenue)
K
D
K
Beban
D
K
D

Rubrik Penilaian
Uraian
Skor
Menyebutkan semua akun serta posisi pencatatannya di buku besar dengan tepat
10
Menyebutkan 3-4 akun saja serta posisi pencatatannya di buku besar dengan tepat
8
Menyebutkan 1-2 akun saja serta posisi pencatatannya di buku besar dengan tepat
5
Menyebutkan 5 akun tetapi posisi pencatatan kurang tepat
3
Menyebutkan semua akun serta posisi pencatatannya namun salah
1
Sama sekali tidak menyebutkan akun serta posisi pencatatannya
0

3.       Penilaian Keterampilan
3.1.    Penilaian keterampilan( Diskusi)


LEMBAR PENGAMATAN KETERAMPILAN (DISKUSI)
Mata Pelajaran : Ekonomi                                                       Hari/tanggal    :
KD                  : Menganalisis Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa
                                                                        Pengamat        :
Materi                   : Karakteristik Perusahaan Jasa, Bukti Transaksi, Mekanisme Debit dan Kredit

NO
NAMA
SIKAP
JUMLAH
NILAI
PREDIKAT
A
B
C
D
E



















































ASPEK YANG DINILAI :
A.    Kemampuan bekerjasama dalam kelompok
B.     Kemampuan  berkomunikasi secara lisan (menyampaikan ide/gagasan/komentar)
C.     Kemampuan  mengajukan pertanyaan  
D.    Kemampuan  menjawab pertanyaan (memberikan penjelasan)
E.     Kemampuan menghargai ide, saran, dan pendapat teman
F.     RUBRIK PENILAIAN :
No
Aspek yang dinilai
Kriteria
Skor
1
Kemampuan bekerjasama dalam kelompok
o  Mampu bekerjasama dengan semua anggota kelompok
o  Mampu bekerjasama dengan beberapa anggota kelompok
o  Hanya mampu bekerjasama dengan salah satu anggota kelompok
o  Hanya mampu bekerja secara individu
o  Bekerja secara individu dan menganggu anggota kelompok lain
5

4

3

2

1
2
Kemampuan  berkomunikasi secara lisan
o  Mampu berkomunikasi dengan benar dan jelas
o  Mampu berkomunikasi dengan benar tetapi kurang jelas
o  Mampu berkomunikasi dengan jelas tetapi kurang benar
o  Kurang mampu berkomunikasi dengan benar dan jelas
o  Tidak mampu berkomunikasi dengan benar dan jelas
5

4

3

2

1
3
Kemampuan  mengajukan pertanyaan
o  Mampu menyampaikan pertanyaan dengan benar dan jelas
o  Mampu menyampaikan pertanyaan dengan benar tetapi kurang jelas
o  Mampu menyampaikan pertanyaan dengan jelas tetapi kurang benar
o  Kurang mampu menyampaikan pertanyaan  dengan benar dan jelas
o  Tidak mampu menyampaikan pertanyaan dengan benar dan jelas
5

4

3

2

1
4
Kemampuan  menjawab pertanyaan
o  Mampu menjawab pertanyaan dengan benar dan jelas
o  Mampu menjawab pertanyaan dengan benar tetapi kurang jelas
o  Mampu menjawab pertanyaan dengan jelas tetapi kurang benar
o  Kurang mampu menjawab pertanyaan  dengan benar dan jelas
o  Tidak mampu menjawab pertanyaan dengan benar dan jelas
5

4

3

2

1
5
Kemauan menghargai pendapat teman
o  Mampu menghargai dan mendengarkan pendapat orang lain.
o  Mampu menerima masukan orang lain tetapi kurang mampu menunjukkan sikap menghargai saat siswa lain menyampaikan pendapat
o  Mampu mendengarkan pendapat orang lain, tetapi agak sulit menerima masukan orang lain
o  Kurang mampu menghargai dan mendengarkan pendapat orang lain.
o  Tidak Mampu menghargai dan mendengarkan pendapat orang lain.
5

4


3

2

1
SKOR MAKSIMAL              : 5 x 5 = 25

Nilai Akhir        =         x 4

Penilaian keterampilan ( Laporan)

LEMBAR PENGAMATAN KETERAMPILAN (LAPORAN)
Mata Pelajaran     : Ekonomi                                                        Hari/tanggal    :
KD                       : Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa                Pengamat        :
Materi                   : Karakteristik Perusahaan Jasa, Bukti Transaksi, Mekanisme Debit dan Kredit
NO
NAMA
SIKAP
JUMLAH
NILAI
PREDIKAT
A
B
C








































ASPEK YANG DINILAI :
1. Kelengkapan isi tugas ( laporan)
2. tampilan laporan
3. kemampuan mempresentasikan laporan


Rubrik Penilaian:
No.
Aspek yang dinilai
Skor
1
2
3
1
Kelengkapan isi tugas (laporan)
Lengkap 50 %
Lengkap lebih 50%
Lengkap 100%
2
Tampilan Laporan
Kurang rapi
Rapi
Sangat Rapi
3
Kemampuan mempresentasikan
Kurang baik
Baik
Sangat Baik
Skor maksimum
              9


Mengetahui,                                                                           Medan,  Maret 2015


Kepala Sekolah                                                                    Guru Mata Pelajaran



Tidak ada komentar:

Posting Komentar